Upayakan Internasionalisasi Jurnal Prodi Farmasi, Editor in-Chief Farmasains ikuti Workshop Internasionalisasi Jurnal APTFMA

Minggu, 30 Juni 2024 20:09 WIB   Program Studi Farmasi

Program Studi Farmasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melalui jurnal ilmiahnya, Farmasains, terus meningkatkan kualitas publikasi akademik dengan mengikuti kegiatan Workshop Internasionalisasi Jurnal. Workshop ini diadakan oleh Asosiasi Perguruan Tinggi Farmasi Muhammadiyah dan Aisyiyah (APTFMA) pada tanggal 28 Juni 2024 di Swiss Bel-Inn Saripetojo Surakarta.

Workshop internasional ini menghadirkan pakar di bidang publikasi ilmiah Dr. apt. Sandra Megantara, M.Fam. Beliau berbagi pengalaman serta strategi untuk meningkatkan standar dan daya saing jurnal ilmiah di kancah internasional.

apt. Nailis Syifa, Ph.D menyampaikan menyampaikan pentingnya kegiatan ini untuk mendukung Prodi Farmasi UMM dalam meningkatkan kualitas dan reputasi akademik. "Melalui workshop ini, saya berharap jurnal Farmasains dapat mencapai standar internasional, meningkatkan visibilitas, dan mendapatkan sitasi yang lebih banyak. Ini merupakan langkah penting dalam pengembangan akademik dan penelitian di Prodi Farmasi UMM," ujarnya.

Peserta workshop, yang terdiri dari Chief Editor Jurnal Ilmiah dari berbagai perguruan tinggi Farmasi di lingkungan Muhammadiyah dan Aisyiah, mendapatkan materi komprehensif tentang teknik penulisan artikel ilmiah, proses peer-review, serta penggunaan alat bantu penulisan dan manajemen referensi. Workshop ini juga memberikan kesempatan untuk diskusi langsung pakar mengenai tantangan dan peluang dalam publikasi internasional.

Melalui kegiatan ini, Prodi Farmasi UMM berharap dapat mendorong peningkatan jumlah publikasi internasional dari dosen dan peneliti. Selain itu, diharapkan jurnal Farmasains dapat segera terindeks di berbagai database internasional, seperti Scopus dan Web of Science, sehingga memberikan kontribusi lebih signifikan dalam perkembangan ilmu pengetahuan di bidang farmasi.

Kegiatan ini adalah salah satu langkah konkret Prodi Farmasi UMM dengan APTFMA dalam upaya mencapai keunggulan di tingkat nasional dan internasional. Dengan peningkatan kualitas jurnal ilmiah, diharapkan Prodi Farmasi UMM dapat terus berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi farmasi serta memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Shared: