Program Studi Farmasi UMM Mengadakan Webinar Dalam Rangka Memperingati Dies Natalis Ke 14 Program Studi Farmasi UMM

Sabtu, 25 Juli 2020 19:16 WIB   Administrator

Pada hari Sabtu tanggal 25 Juli 2020, Program Studi (Prodi) Farmasi UMM mengadakan acara Webinar dalam rangka memperingati Dies Natalis ke 14 Prodi Farmasi UMM dengan tema "Alumni Berbagi". Sesuai dengan tema yang diusung, dalam acara Webinar ini Prodi Farmasi mengundang beberapa alumni yang sukses dalam meniti karir setelah lulus sehingga bisa memberikan inspirasi dan pandangan pada mahasiswa yang masih bergelut dengan kuliah bagaimana kondisi ketika lulus kuliah.

Rangkaian acara ini berlangsung selama dua hari, dan pada hari pertama narasumber yang diundang untuk mengisi webinar ini antara lain adalah Agustin Rafikayanti, S.Farm., M.Sc., apt. Nabilah Nadhif, M.Si., dan apt. Uche Very Dian, S.Farm. Narasumber yang diundang ini berasal dari berbagai bidang kerja yang bisa menarik dan memberi pandangan pada mahasiswa Prodi Farmasi UMM tentang prospek kerja di bidang kefarmasian yang bisa digeluti setelah lulus kuliah.

Narasumber pertama, Agustin Rafikayanti, S.Farm., M.Sc. merupakan lulusan Prodi Farmasi UMM yang sekarang mengabdikan diri menjadi dosen di Prodi Farmasi UMM. Fika (sapaan akrab dari Agustin Rafikayanti), merupakan lulusan terbaik Prodi Farmasi UMM Periode II tahun 2012 yang langsung mengabdikan diri menjadi dosen setelah lulus kuliah. Fika juga sukses menyelesaikan kuliah lanjutnya di Taiwan Medical University pada tahun 2019. Fika membawakan materi dengan judul "Study Abroad is Not About Study: Lifelong Learner Go International". Dalam materinya Fika menuturkan tentang pengalaman menariknya selama kuliah di luar negeri dan memberikan inspirasi pada mahasiswa untuk terus menerus belajar (long life learner) dan memberi bukti bahwa lulusan Prodi Farmasi UMM juga dapat bersaing dengan mahasiswa-mahasiswa lain dari negeri seberang.

Narasumber kedua, apt. Nabilah Nadhif, M.Si. merupakan lulusan Prodi Farmasi UMM tahun 2013. Setelah lulus, Nabilah (panggilan akrab Nabilah Nadhif) melanjutkan studinya di Prodi Profesi Apoteker dan Magister Farmasi Klinis ITB. Sekarang, Nabilah bekerja sebagai Clinical Pharmacist di RSU Cibabat Bandung. Nabilah sebelumnya juga pernah bekerja sebagai Clinical Pharmacist di RS Hermina Tangerang. Nabilah membawakan materi "Update COVID-19 dan Bagaimana Peran Farmasi Rumah Sakit di Era New Normal". Nabilah menceritakan tentang bagaimana perkembangan pandemi COVID yang sudah melanda Indonesia selama empat bulan ini mulai dari perkembangan perjalanan penyakit, tata laksana terapi, perubahan obat-obatan, serta peran farmasis di Rumah Sakit.

Narasumber ketiga adalah apt. Uche Very Dian yang merupakan Pemilik Sarana Apotek (PSA) dari Apotek Merjosari dan Rejosari. Uche atau Bunda Uche (panggilan akrab dari teman-teman seangkatan Uche) merupakan lulusan Prodi Farmasi UMM pada tahun 2012, yang juga masih satu angkatan dengan Fika. Uche memaparkan materi yang cukup menarik, yaitu "Peluang Bisnis Apotek di Era New Normal". Uche menuturkan bahwa bisnis Apotek merupakan bisnis yang tahan banting terutama di era pandemi seperti sekarang ini karena kesadaran masyarakat untuk memelihara kesehatan juga kian membaik. Uche juga memberikan tips bagaimana cara membuka apotek yang antara lain memiliki disiplin ilmu yang linear, memiliki jiwa entrepreneurship, cintai pekerjaan, jiwa sosialisasi yang baik, serta ketersediaan obat yang lengkap di apotek.

Mahasiswa sangat antusias atas materi dari ketiga narasumber yang dihadirkan. Webinar ini diikuti sekitar 300 orang secara live dan telah ditonton lebih dari 1500 penonton via Youtube. Semoga apa yang diberikan ketiga narasumber dapat mengispirasi mahasiswa, sehingga ketika mereka lulus dapat menjadi sukses di kemudian hari.

Shared: