Asesmen Lapangan Akreditasi Program Studi S-1 Farmasi UMM

Kamis, 25 Januari 2018 05:57 WIB

Berita Farmasi -- Program Studi S-1 Farmasi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Malang (Prodi S-1 Farmasi FIKES UMM)  baru saja mendapat kunjungan asesmen lapangan akreditasi pada tanggal 22-23 Januari 2018. Dr. rer. nat. Sophi Damayanti, M. Si., Apt. dan Anita Sukmawati, Ph.D., Apt. ditugaskan oleh LAMPTKes (Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan) untuk menjadi asesor bagi Prodi S-1 Farmasi FIKES UMM. Asesmen lapangan berjalan lancar di setiap tahapan, mulai dari tahapan presentasi, verifikasi dokumen, kunjungan ke fasilitas, serta wawancara dengan staf, mahasiswa, alumni, dan pengguna lulusan.

Dalam sambutannya pada acara pembukaan yang bertempat di Ruang Sidang FIKES Kampus 2 UMM, Wakil Rektor I UMM, Prof. Dr. Syamsul Arifin, M.Si. menyampaikan harapan beliau agar hasil dari asesmen lapangan ini dapat menjadi masukan yang berharga untuk meningkatkan mutu pendidikan di UMM, khususnya Prodi S-1 Farmasi.Kedua asesor memberikan masukan yang sangat bermanfaat bagi Prodi, diantaranya: pembentukan ikatan alumni yang berbadan hukum, serta beberapa saran untuk optimalisasi Sistem Informasi UMM yang telah berjalan dengan baik. Dari wawancara dengan stakeholder,diperoleh informasi dari bahwa peluang bagi alumni untuk berkarir di distributor farmasi masih sangat besar, namun belum termanfaatkan dengan optimal. Kedua asesor juga mengapresiasi kualitas kejujuran dan integritas lulusan yang telah menjadi penciri utama ketercapaian visi Prodi S-1 Farmasi UMM.

Selanjutnya, hasil dari asesmen lapangan akan dikirimkan oleh asesor kepada Sekretariat LAMPTKes untuk divalidasi dan dirapatkan oleh Majelis Akreditasi LAM-PTKes sebelum ditetapkan status dan peringkatnya.(rad).

 

Foto 1. Asesor Dr.rer.nat. Sophi Damayanti (keempat dari kiri)dan Asesor Anita Sukmawati, Ph.D., Apt (ketiga dari kanan) dalam kunjungan ke fasilitas apotek pendidikan.

Foto 2. Asesor Anita Sukmawati, Ph. D., Apt. (kelima dari kiri) berfoto bersama alumni Prodi S-1 Farmasi UMM selepas wawancara.

Foto 3. Asesor Dr.rer.nat. Sophi Damayanti (tengah) mendengarkan pemaparan dosen Prodi S-1 Farmasi, Hidajah Rachmawati, S.Si., Apt. Sp. FRS (kiri) saat mengunjungi fasilitas laboratorium preskripsi.

Foto 4. Ketua Program Studi S-1 Farmasi, Dian Ermawati, M. Farm., Apt (tengah) menerima rekomendasi asesor yang diserahkan oleh asesoe Anita Sukmawati, Ph. D., Apt. (kanan).

Foto 5.Asesor berfoto bersama Dekan FIKES UMM, Faqih Ruhyanuddin, M. Kep., Sp. KMB. (duduk di sebelah kiri) dan anggota Tim Akreditasi dengan gaya khas “I Love UMM”.

Shared: