Program Studi Farmasi UMM Hadirkan Narasumber Dari Australia Untuk Memberikan Kuliah Tamu Dengan Tema Nanotechnology

Sabtu, 05 Oktober 2019 14:43 WIB   Administrator

Hari ini, 5 Oktober 2019, Program Studi Farmasi UMM menghadirkan narasumber dari negara tetangga (Australia) untuk memberikan kuliah tamu kepada mahasiswa Farmasi UMM. Dr. Nazrul Islam, Senior Lecturer dari Queensland University of Technology dihadirkan Program Studi Farmasi untuk memberikan kuliah tamu dengan judul "Pharmaceutical Nanotechnology and Nanomedicine".

Pengobatan dengan menggunakan teknologi nano (nanomedicine)ini memiliki beberapa keuntungan, antara lain dapat meningkatkan kelarutan, disolusi, bioavaibilitas, dan permeabilitas suatu obat. Selain itu, nanomedicine memiliki kelebihan yaitu obat dapat langsung dibawa ke target (secara aktif maupun pasif) kerja obat (Mis. sel kanker), sehingga dapat meningkatkan efektivitasnya serta menurunkan efek sampingnya. Beberapa contoh dari nanomedicine adalah obat dalam bentuk liposome dengan beberapa produk yang sudah beredar di pasaran seperti Caelyx® (Doxorubicin), AmBisome® (Amphotericine B), dan lain sebagainya.

Kuliah tamu ini dihadiri oleh mahasiswa Farmasi UMM dari beberapa

angkatan. Kuliah tamu ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada mahasiswa, terutama yang akan/sedang mengerjakan tugas akhir tentang gambaran sediaan nanomedicine yang nantinya bisa bermanfaat bagi mahasiswa.

Shared: